Jumat, Mei 01, 2009

Pengertian Sistem

Sistem, mata kuliah yang pertama kali membahas tentang sistem saya menemukannya adalah Pengantar Sistem Informasi. Pertama kali dosen nanya, apa sich arti dari kata "sistem"? Sempet bingung banget. Kalo mahasiswa pas-pas kayak aku ini jarang baca buku sebelum kuliah. Apalagi kurang update pengetahuan.
Sistem, kadang orang sering banget ngucapin kata itu. Sistem terkesan seperti prosedur, karena orang suka nanya " sistemnya kayak gimana?" tapi kesan itu gak salah salah amir, coz pengertian sistem juga bisa dilihat dari segi prosedur juga dari segi elemen.
Dari http://id.wikipedia.org :

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Dari Buku Analisis & Desain Sistem Informasi karangan Jogiyanto, HM., MBA., Akt., Ph.D:

Terdapat dua kelompok pendekatan dalam mendefinisikan sistem yaitu yang menekankan pada prosedurenya dan yang menekankan pada komponen atau elemennya.

"Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedure yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu".

"Suatu sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu".

Mempelajari sistem itu labih baik dimulai dengan memahami pengertian dari sistem itu sendiri. Karena peranan pendefinisian sistem sangat penting didalam pendekatan untuk mempelajari sistem.

Sebuah sistem dapat merupakan bagian dari suah sistem yang lebih besar, dan sistem ini dinamakan subsistem. Atau dapat juga memiliki sistem-sistem yang lebih kecil dibawahnya, dan dinamakan supra sistem.

Sistem harus memiliki maksud tertentu, dapat berupa mencapai sebuah tujuan (goal) dan dapat juga mencapai suatu sasaran (objectives). Goal biasanya dihubungkan dengan ruang lingkup yang lebih luas. Sedangkan sasaran dalam ruang lingkup yang cukup sempit. Goal dapat diterapkan pada sistem utama atau suprasistem, sedangkan sasaran pada subsistemnya.



3 komentar:

Toni mengatakan...

salam kenal ya

MUBAROK mengatakan...

HAi... BlogWalk

http://muba-rock.blogspot.com/

Ufit Cy Malezzz Thea mengatakan...

Salam kenal juga..,

Let's see....


View My Stats