Sabtu, November 23, 2013

Extention Sabtu-Minggu - Teknik Riset Operasional 3



Salah satu teknik penentuan solusi optimal yang digunakan dalam pemrograman linier adalah metode simpleks.  Penentuan solusi optimal menggunakan metode simpleks didasarkan pada teknik eleminasi Gauss Jordan. Penentuan solusi optimal dilakukan dengan memeriksa titik ekstrim satu per satu dengan cara perhitungan iteratif. Sehingga penentuan solusi optimal dengan simpleks dilakukan tahap demi tahap yang disebut dengan iterasi. Iterasi ke-i hanya tergantung dari iterasi sebelumnya (i-1).
Ada beberapa istilah yang sangat sering digunakan dalam metode simpleks, diantaranya :
  1. Iterasi adalah tahapan perhitungan dimana nilai dalam perhitungan itu tergantung dari nilai tabel sebelumnya.
  2. Variabel non basis adalah variabel yang nilainya diatur menjadi nol pada sembarang iterasi. Dalam terminologi umum, jumlah variabel non basis selalu sama dengan derajat bebas  dalam sistem persamaan.
  3. Variabel basis merupakan variabel yang nilainya bukan nol pada sembarang iterasi. Pada solusi awal, variabel basis merupakan variabel slack (jika fungsi kendala merupakan pertidaksamaan ≤ ) atau variabel buatan (jika fungsi kendala menggunakan  pertidaksamaan ≥ atau =). Secara umum, jumlah variabel basis selalu sama  dengan  jumlah fungsi pembatas (tanpa fungsi non negatif).
  4. Solusi atau nilai kanan merupakan nilai sumber daya pembatas yang masih tersedia. Pada solusi awal, nilai kanan atau solusi sama dengan jumlah sumber daya pembatas  awal yang ada, karena aktivitas belum dilaksanakan.
  5. Variabel slack adalah variabel yang ditambahkan ke model matematik kendala untuk mengkonversikan  pertidaksamaan ≤ menjadi persamaan (=). Penambahan variabel ini terjadi pada tahap inisialisasi. Pada solusi awal, variabel slack akan berfungsi sebagai variabel basis.
  6. Variabel surplus adalah variabel yang dikurangkan  dari model matematik kendala untuk mengkonversikan  pertidaksamaan ≥ menjadi persamaan (=). Penambahan ini terjadi pada tahap inisialisasi. Pada solusi awal, variabel surplus tidak dapat berfungsi sebagai variabel basis.
  7. Variabel buatan adalah variabel yang ditambahkan ke model matematik kendala dengan bentuk ≥ atau = untuk difungsikan sebagai variabel basis awal. Penambahan variabel ini terjadi pada tahap inisialisasi. Variabel ini harus bernilai 0 pada solusi optimal, karena kenyataannya variabel ini tidak ada. Variabel hanya ada di atas kertas.
 Slide Materi dapat diunduh di :
https://drive.google.com/file/d/0B6R6IpmZbYucS21yQTN0ejJRMGs/edit?usp=sharing

Sabtu, November 16, 2013

TKJ Gel 3 - Algoritma dan Struktur Data - Pertemuan 1

Algottma adalah urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalsalah yang disusun secara sistematis. Algoritma dibuat tanpa memperhatikan bentuk yang digunakan sebagai implementasinya, sehingga suatu algoritma dapat menjelaskan "bagaimana" cara melaksanakan fungsi yang dapat diekspresikan dengan suatu program atau suatu komponen fisik.
Untuk menyelesaikan persoalan Programmer haruslah :
1. Dapat mendesain algoritma yang menjelaskan bagaimana persoalan tersebut diselesaikan
2. Menulis/ merubah algoritma menjadi suatu program dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman yang sesuai.
3. Menggunakan komputer untuk menjalankan program

Slide materi dapat didownload di :
Part 1 : http://www.4shared.com/document/YynO4ptZ/Logika__Algoritma_-_1.html
Part 2 : http://www.4shared.com/document/peMXl_oO/Logika__Algoritma_-_2.html
Part 3 : http://www.4shared.com/file/uu-_P-eT/algoritma__pemrograman_-_TKJ_-.html

Tugas yang dikerjakan yang tercantum pada Part 3.

Let's see....


View My Stats